OPEN body ( ) tag
Sunday, November 12, 2006,1:56 PM
                                                                                                                                                                                                 

Generasi ke Generasi


Puluhan tahun yang lalu, bisa bercakap-cakap dengan orang lain di seberang lautan adalah sebuah hal yang menakjubkan. Sekarang, dengan peralatan yang disebut telefon (telephone) maka berbicara dengan orang lain yang jaraknya sangat jauh bahkan di luar negeri sekalipun bisa dilakukan.

Dasar-dasar teknologi telefon yang pertama sekali diperkenalkan oleh Alexander Graham Bell (1847-1922). Walaupun penemuan tersebut masih kontroversial karena ada sebagian pihak yang mengklaim Antonio Mecci sebagai penemu aslinya. Terlepas dari kontroversi itu, penemuan Bell adalah sebuah lompatan besar dalam sejarah manusia.

Awalnya sebuah telefon membutuhkan kabel sebagai media transmisinya. Karena tidak fleksibel maka dikembangkanlah teknologi wireless (nirkabel) agar telefon bisa dibawa-bawa. Maka berkembanglah telefon dengan handset yang bisa dibawa-bawa dalam radius tertentu. Namun teknologinya masih berbasis PSTN (public switched telephone network).

Manusia memang tidak pernah puas. Sampai akhirnya pada era 1980-an ditemukan teknologi mobile phone atau cellular phone. Teknologi ini memungkinkan sebuah handset dibawa ke mana saja selama masih bisa dijangkau sinyal dari BTS (Base Transeiver Station) yang disebar di setiap daerah.

Perkembangan Seluler
Generasi pertama seluler (1G: first generation) muncul pada era 1980-an. Teknologi yang digunakan masih analog. Contohnya: NMT (Nordic Mobile Telephone), AMPS (Advanced Mobile Phone System), Hicap, CDPD, Mobitex, dan DataTac.

Di Indonesia sendiri sempat muncul operator seluler berbasis teknologi AMPS pada era 1990-an. Namun akhirnya operator-operator tersebut gulung tikar karena kualitasnya kalah bersaing dengan teknologi GSM yang mulai hadir sekitar tahun 1995.

Generasi kedua (2G: second generation) hadir dengan memanfaatkan sinyal digital. Teknologi 2G menggunakan 2 basis multiplexing yaitu TDMA (time division multiple acces) dan CDMA (code division multiple access). Contoh TDMA adalah GSM, iDEN, D-AMPS, dan PDC. Contoh CDMA adalah CDMA-One dan CDMA1X.

Untuk GSM berkembang layanan data bergerak (mobile data service). Gunanya untuk mentrasfer data dari satu titik ke titik yang lain. Contohnya adalah teknologi GPRS (General Packet Radio Services) yang memungkinkan seseorang mengirimkan gambar dan suara (MMS: multimedia services), atau mengakses situs WAP (wireless aplication protocol). Teknologi GPRS ini hampir menuju ke generasi ke-3 (3G) sehingga sering disebut 2.5G.

Karena kecepatan transfer data (data rate) yang dirasakan masih kurang, maka berkembanglah teknologi EDGE (Enhanced Data Rates for GSM Evolution). Secara teori EDGE mampu menghasilkan data rate sampai 236.8 kbps. Dengan demikian, EDGE disebut juga generasi 2.75 atau 2.75G karena berada di antara 2.5G dan 3G.

Generasi Ke-3 (3G)
Sekarang Indonesia telah bersiap-siap menggelar teknologi seluler generasi ke-3 (3G: third generation). Operator seluler sudah melakukan uji coba 3G sejak tahun lalu. Menurut rencana awalnya, semester kedua 2006 ini teknologi 3G sudah mulai dipasarkan.

Teknologi 3G didapatkan dari 2 buah jalur teknologi 2G yaitu GSM (TDMA) dan CDMA. GSM berevolusi menjadi UMTS sedangkan CDMA menjadi W-CDMA (wideband code division multiple access). Sebenarnya apa yang menarik dari 3G? Beberapa di antaranya adalah mampu melayani video phone, video streaming, email, dan mobile tv. Hal ini dimungkinkan karena kecepatan transfer data bisa mencapai 1 Mbps (mega bits per second).

Bayangkan, kita bisa bertelefon sambil melihat wajah lawan bicara. Melepas rindu antarpasangan juga menjadi lebih romantis karena bisa melihat langsung wajah sang kekasih. Setelah puas melepas kangen, kita bisa menonton televisi. Aksi pemain sepakbola Liga Inggris bisa kita saksikan langsung dari ponsel. Dunia serasa dalam genggaman. Begitulah yang akan kita rasakan jika 3G sudah hadir di tengah-tengah kita.

Namun semua itu masih sebatas mimpi. Sampai saat ini layanan 3G belum bisa kita rasakan karena masih dalam tahap persiapan. Walaupun sudah ada operator yang melaunching layanan ini namun belum secara resmi bisa kita nikmati.

Adapun kendala yang paling terasa pada 3G adalah mahalnya harga handset. Handset 3G biasanya memiliki 2 kamera (dual camera) sehingga harganya menjadi lebih mahal. Paling tidak saat ini harganya di atas Rp 3 juta. Hal ini tentu menyulitkan kalangan menengah ke bawah untuk memilikinya.

Bakal Tidak Mudah
Kebiasaan bertelefon juga akan mengalami perubahan jika kita berlangganan 3G. Kalau biasanya kita meletakkan handset di telinga, maka dengan 3G kita tidak perlu melakukannya. Cukup arahkan handset ke wajah karena kamera depan (front camera) akan menangkap gambar wajah kita untuk ditampilkan di layar ponsel lawan bicara. Begitu juga sebaliknya sehingga layanan video phone bisa dinikmati.

Namun 3G tidak bakal selancar yang kita bayangkan. Masih ada beberapa kendala yang bakal ditemui jika layanan ini digelar di Indonesia.

Pertama, harga handset yang relatif mahal dan belum terjangkau semua kalangan. Hal ini membuat penetrasi ponsel 3G menjadi rendah. Sehingga layanan video call akan sulit dilaksanakan. Kalau ponsel kita sudah mendukung 3G dengan dual camera, sementara lawan bicara kita ponselnya masih "kuno" (tanpa kamera) maka layanan video call menjadi sia-sia. Dengan demikian kita harus memilah-milah akan menghubungi siapa untuk memanfaatkan 3G.

Kedua, cakupan layanan yang relatif masih sempit. Tidak semua BTS mampu melayani 3G. Saat ini masih beberapa kota saja yang bisa memenuhi kebutuhan pelanggan. Walaupun operator akan terus mengupayakan pengembangan cakupan. Dengan coverage yang terbatas, maka pelanggan masih akan "pikir-pikir" memanfaatkan 3G.

Ketiga, layanan 3G masih tumpang tindih dengan teknologi lain. Untuk akses internet, EDGE masih mampu melayaninya. Begitu juga dengan GPRS. Namun kedua teknologi ini belum dimaksimalkan. Sama seperti layanan push email yang juga masih belum dieksplorasi secara maksimal.

Begitupun, kita patut menantikan kehadiran 3G sebagai generasi terbaru dari teknologi seluler yang belum kita rasakan. Apakah teknologi ini masih relevan dengan perkembangan zaman, mengingat sekarang sudah ada teknologi transfer data yang mencapai 70 Mbps lewat WiMax. Dan di luar negeri sedang dipersiapkan layanan seluler generasi ke-4 (4G). Ah kita memang selalu tertinggal.

baca lengkapnya  
posted by daeng Permen Kali ยค


1 Comments:


  • At 3:22 AM, Blogger hoe

    busyet dahh.. gw mah pusing kalo dah urusan ma hi-tech ... :(
    mending nonton dvd aja .. :D