OPEN body ( ) tag
Saturday, November 11, 2006,10:05 PM
                                                                                                                                                                                                 
Infeksi Saluran Kemih


Saluran kemih meliputi ureter, kandung kemih, dan uretra. Infeksi saluran kemih biasanya disebabkan oleh bakteri. Umumnya bakteri E coli. Namun, dapat juga disebabkan oleh bakteri stafilokokus aureus, basilus proteus, dan pseudomonas. Infeksi dapat menjalar dari bagian saluran kemih terbawah ke bagian atas. Bahkan dapat menjalar ke ginjal.

Gejala infeksi saluran kemih bisa berupa suhu badan yang sedikit meningkat, rasa nyeri teutama saat akhir buang air kecil, perasaan ingin buang air kecil yang tidak dapat ditahan, nyeri tekan di atas tulang kemaluan. Kadang kala terdapat darah dalam urine.

Adanya infeksi dapat mengakibatkan terjadinya batu saluran kemih dan sebaliknya batu dalam saluran kemih dapat menjadi faktor yang mempermudah terjadinya infeksi.

Seorang yang didiagnosa menderita infeksi saluran kemih akan diterapi dengan antibiotika sesuai jenis kumannya. Pemberian obat lainnya tergantung pada gejala yang dirasakan pasien.

Minum air putih, sekurang-kurangnya 2 liter perhari untuk orang dewasa, dan minum lebih banyak bila mengeluarkan banyak keringat akan membantu mencegah terjadinya endapan dan infeksi pada saluran kemih.


baca lengkapnya  
posted by daeng Permen Kali ยค


0 Comments: